Senin, 20 Mei 2013

Tips Memilih Flashdisk yang Bagus


halo guys... saya akan membagikan suatu tips yang barangkali sangat berguna bagi teman semua yang mana tips ini juga akan membuat flashdiskmu lebih bermanfaat .
Yah,,,  ini adalah tips memlih flashdisk . jaman sekarang banyak barang tiruan yang kualitas sangat jauh daripada yang aslinya . Oleh karena itu saya membagikan tips salah satu barang yang seringkali menemanimu berkomputer yang gunanya sebagai perangkat atau media penyimpanan. Orang yang suka komputer tentu sudah tidak asing lagi kan … Tapi hal ini juga sangat perlu untuk diketahui oleh teman-teman semua .

Media penyimpan data saat ini memiliki peran yang sangat penting.
Fungsinya beraneka ragam, mulai dari menyimpan file pribadi kita, musik, video dan lainnya. saat ini USB Flashdisk menjadi salah satu media penyimpan data yang populer dan banyak digunakan di tengah masyarakat Internasional. Setelah Flashdisk baru kemudian eksternal Harddisk.

Flashdisk lebih disukai karena praktis dan mampu menampung banyak file. Kapasitas dan mereknya pun beraneka ragam, mulai dari yang terkecil saat ini sekitar 1 GB hingga 64GB. Tentunya dengan kemampuan dan harga yang berbeda pula.

Dengan keanekaragaman tersebut, seringkali kita bingung dalam memilih mana flashdisk yang lebih baik untuk kita beli. Ada baiknya jika sebelum membeli flashdisk, perhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Tujuan Penggunaan

Sekarang semakin lama flashdisk semakin banyak yang muncul dalam kapasitas besar sehingga kapasitas yang kecil sulit dicari. Harganya pun juga semakin murah. Oleh karena itu, pilihlah Flashdisk sesuai dengan tujuan penggunaannya.

2. Kecepatan Transfer Data

Pada Flashdisk, kecepatan transfer data merupakan untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan membaca tertinggi pada Flashdisk mencapai 34 Mbyte/s (272 Mbit/s), sedangkan untuk kecepatan penyimpanan maksimal mencapai 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Sementara itu kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s. Tetapi kecepatan tersebut nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub

3. Fitur Keamanan

Flashdisk memang hanya berfungsi sebagai media penyimpan data dan menampilkannya. Namun ada kalanya ketika kita memiliki file atau data yang penting, kita membutuhkan pengaman agar tidak dapat dilihat siapa-siapa. Biasanya kita dapat menggunakan software pengunci flashdisk atau pengaman data dengan menggunakan password.

Selain dengan menggunakan
software, juga ada flashdisk yang memang memiliki fitur keamanan lebih tinggi. Misalnya dengan sistem fingerprint dimana diperlukan sidik jari untuk dapat mengaksesnya. Sensor yang unik membuat hanya satu orang saja yang dapat mengakses sistem keamanan ini. Namun biasanya harga flashdisk seperti ini lebih tinggi dari biasanya

4. Casing

Kadang kita tertarik untuk membeli flashdisk karena casing yang menarik. Lebih baik jika kita memilih flashdisk bukan hanya dari pertimbangan warna dan bentuk yang menarik, tetapi juga perhatikan kekuatan casing. Karena casing Flashdisk yang bagus adalah casing yang akan kuat melekat melindungi bagian dalam Flashdisk. Casing Flashdisk harus benar-benar kuat terutama karena dalam penggunaannya akan berulangkali harus ditancapkan dan dicabut.

Selain kekuatan casing, ukuran casing juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran casing yang terlampau besar jadi menghalangi port USB yang bersebelahan sehingga tidak bisa digunakan. Flashdisk yang ramping lebih mudah dibawa dan mudah pula ditancapkan pada port USB yang berdampingan.

Masih berkaitan dengan casing, bagian penting pada casing yang perlu Anda perhatikan adalah penutup Flashdisk. Sebaiknya pilihlah tutup yang menyambung pada badan Flashdisk. Sebab bagian tutup mudah longgar karena sering dibuka dan ditutup sehingga sering terjadi, tutup Flashdisk akan hilang karena sudah lama dipakai. Bila tutup hilang, maka Flashdisk rentan mengalami kerusakan.

Untuk yang sering bepergian, carilah flashdisk dengan desain yang kuat dan kokoh. Desain ini dibuat untuk menghadapi kondisi ekstrim seperti temperatur panas yang tinggi, gesekan yang berlebihan atau tingkat kelembaban yang tinggi. Tipe ini dibuat dengan casing dari karet atau metal serta memiliki ketahanan terhadap air.

Saya harap beberapa
tips diatas dapat membantu kita dalam memilih flashdisk sebelum kita membelinya. 

Terimakasih
Semoga Bermanfaat !!

3 komentar:

  1. Memilih flashdisk yang bagus juga di lihat dari merk yang sudah terbukti awet, seperti merk sandisk, hp, dll

    flashdisk sandisk merk yg bagus

    BalasHapus
  2. Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. ==================================================

    Nice post Gan
    Permisi,mau numpang lapak,jangan lupa mampir ya
    http://jokaerabehin.com/
    https://www.tokopedia.com/jokaerabehin
    https://www.bukalapak.com/jokaerabehin

    ==================================================

    BalasHapus